16
Sep
08

Susahnya Mencopot Busi Jupiter MX

Lebaran sebentar lagi tiba, teringat akan pulang menyambangi saudara-saudara yang ada di kampung. Mengingat hari pas libur dan lihat motor yang sebentar lagi harus LK dengan jarak jauh, khawatir jadi mogok, soalnya beberapa hari ini gasnya mbrebet, entah karena mesin kurang panas ataukah karena busi kotor/mau mati. Gak mau ambil resiko akhirnya kubongkar saja, untuk bersihin Busi. Awalnya nebak-nebak gimana bersihin busi dengan pertama buka tutup atas, sampai depan, tapi kok tuh busi belum kelihatan, akhirnya dengan malu buka buku manual juga, ternyata harus membuka dari samping kanan, terus menggeser kabel di depannya, baru deh kepala busi kelihatan. Kucopot tutup kepalanya, kemudian aku pakai kunci bawaan motor yang untuk busi, tapi masih sulit juga. Akhirnya ingat kalau punya kunci pas, akhirnya baru pakai kunci pas bisa terbuka (kl gak salah 16). Baru deh dibersihin dengan peniti/jarum buat ngorek dalemannya, dan bersihin ulir bekas hitam/kerak bakar ditambah kompresor pakai mulut, dan starter sebentar untuk ngeluarin kotoran yg tersisa di lubang busi. Gak sengaja ngelihat cadangan busi awal motor (dr pabrik) setelah servis III. Ternyata berbeda, dari pabrik bawaannya Denso, tapi sama dealer Yamaha tempat service diganti NGK, tapi gak mengapa, menurut buku manual “Buku manual Lagieee…lha iyalah namanya juga montir dadakan hehehe”…sama saja dengan melihat spesifikasinya. Tp yg NGK kepalanya lebih panjang sedikit. Akhirnya setelah cukup bersihinnya, busi aku balikin kembali ke tempatnya semula, dengan cukup diulir tangan, dan dikencengin 1/4 putaran pakai kunci sok tadi. Setelah selesai baru deh coba di starter beneran….Udah deh….bunyi lancar motornya….

Advertisements

0 Responses to “Susahnya Mencopot Busi Jupiter MX”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Didukung Oleh

Herbal Cikarang Pengolahan Data Busana Muslim Undangan Souvenir Cikarang

Man Behind this blog

Ganteng euy

Blogger Cikarang

Blogger Cikarang

Statistic Pengunjung

  • 160,266 hits

Trafik Pengunjung

Popularity

My Popularity (by popuri.us)

RSS VOA Islam News

My Messenger


%d bloggers like this: