05
Dec
08

Fly Over Cikarang Diresmikan

Menteri PU Djoko Kirmanto lagi tanda tangan

Suasana Malam Hari bawah fly over

Hari ini Jumat 5 desember fly over cikarang diresmikan oleh menteri PU Djoko Kirmanto. Sebenarnya jalan layang ini sudah dioperasikan semenjak 4 bulan yang lalu, walau belum diresmikan.

Sebetulnya, terbangunnya fly over yang letaknya pas di pertigaan mulut tol Cikarang Barat KM 31 dikarenakan memang sudah tingginya volume kendaraan, antara arah yang ke Cikarang, ke Cibarusah, dan keluar-masuk Tol, sehingga sudah menjadi suatu kebutuhan untuk dibangun. Kalau sebelumnya ketika mau masuk tol dari cikarang, langsung belok kanan sekarang harus lurus dulu muter di bawah kolong jembatan Cikarang-Cibarusah, sedangkan kalau dari Lippo mau ke Cikarang bisa langsung naik lewat fly over ini, dan sebaliknya yang dari Cikarang ke arah Lippo tetap lewat bawah seperti biasa. Hal yang masih disayangkan putaran di bawah kolong jembatan tersebut serasa masih terlalu tinggi, dimana setelah putaran balik dengan haluan sempit dan naik masih dijumpai truk terguling dikarenakan tidak seimbangnya speed yang masih tinggi dengan putaran dan berat muatan, termasuk sore tadi terlihat ada truk trailer yang terguling juga. Semoga ada trafik/peraturan sendiri untuk jenis trailer/long vehicle bermuatan, sehingga pengemudinya tidak mengalami hal tersebut di atas. (kejadian truk terguling kadang juga dijumpai di bundaran plaza JB semenjak terjadi perubahan arah lalu lintas lho). Sepertinya juga perlu lampu lalu lintas dimana timer lampu sudah mengalami simulasi data jumlah trafik di jam-jam tertentu, jadi bukan fixed time.

Kembali lagi, Fly over ini benar2 lumayan mengurangi kemacetan yang terjadi di sekitar pertigaan pintu tol tersebut, terutama di jam-jam sibuk. Biasa, kalau berangkat kerja ya jam-jamnya juga sama, ditambah ada yang ganti shift juga sama-sama, well komplit dah. Akan tetapi tetap saja, kemacetan akan terjadi jika volume kendaraan bertambah terus, sementara jalannya ya itu-itu saja. Iklan di TV untuk berhemat energi sepertinya juga tidak akan begitu “ngefek”, seperti halnya jalan kaki atau naik sepeda (kerennya sekarang: bike to work). Mana ada orang mau begitu, di kota Jakarta (BoDeTaBek) bukan biaya hidup yang tinggi, akan tetapi biaya kelakuan sebenarnya yang begitu tinggi. Mobil sudah seperti tuntutan pokok apalagi motor, HP harus yg layar sentuh/touch screen, itu loh yg ditutul pakai kayak pulpen (stylush) padahal ya gitu-gitu saja. Gak ada yang salah memang, cuma mbok ya kita ini hidup sederhana sajalah, gak usah banyak gengsi (“yg biasa ngomong kayak gene neh pengamen di bus kota”), toh juga gak dibui. Betul tidak??🙂


0 Responses to “Fly Over Cikarang Diresmikan”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Didukung Oleh

Herbal Cikarang Pengolahan Data Busana Muslim Undangan Souvenir Cikarang

Man Behind this blog

Ganteng euy

Blogger Cikarang

Blogger Cikarang

Statistic Pengunjung

  • 143,273 hits

Trafik Pengunjung

Popularity

My Popularity (by popuri.us)

RSS VOA Islam News

My Messenger


%d bloggers like this: