20
Dec
08

Powerfullnya Report Portal di SSAS

KPI in Report Portal

Bagi anda yang biasa bekerja di SQL Server Analysis Services 2005/2007 tentunya tidak asing lagi dengan Reporting Servicenya. Ketika saya menggunakan SSAS 2005 ada kesulitan tersendiri ketika harus menampilkan di web dalam bentuk reporting services. Kalau harus menggunakan Report Server bawaan sendiri kesannya masih kaku desainnya, sementara kalau menggunakan Pro Clarity harus beli, akhirnya harus mencari alternatif lain, dan akhirnya ketemu Report Portal walau menggunakan trial version.

Desain Cube di SSAS kalau tidak bisa dilihat di web sepertinya masih kurang, walaupun bisa dilihat menggunakan excel, akan tetapi kalau dilihat dengan excel terasa harus connect kemudian refresh, memakan resources connection, dan masih kelihatan kaku. Makanya dicari solusi dengan menggunakan web server. Ketika itu masih mencoba juga report server sebagai bawaan SQL Server sendiri, cuma karena kekakuan desain dan ribet desainnya, akhirnya digunakan sebagai cadangan saja.

Block Diagram Slider

Lain hari ditawarin menggunakan Pro Clarity (waktu itu status Pro Clarity masih baru dibeli oleh Microsoft), di training di BEJ 18. Hasilnya boleh juga, bisa menyimpan 2 side istilahnya book, bisa di client bisa juga di servernya. Karena harus beli, coba diurungkan dulu walau perusahaan yang harus beli. Akhirnya coba alternatif lain dengan mencoba google, akhirnya mendapat 3th program yakni ReportPortal. Setelah download yang trial version, dan diinstal di server, ternyata hasilnya sangat memuaskan. Bisa diset security report, dan ada dashboardnya juga. Nah, bagi teman yang biasa menggunakan SSAS sebaiknya proram ini patut dicoba.


2 Responses to “Powerfullnya Report Portal di SSAS”


  1. 1 fanji
    March 1, 2011 at 7:52 am

    thanx untuk infonya,
    SSAS memang bagus, dan saya terkadang bingung untuk menampilkan hasilnya(charting,cube,proses miningnya dsb)ke dalam website.
    memang sudah ada framework tambahan yang bagus untuk melakukan tugas tersebut tapi biasanya berbayar.
    dan yang free dengan beberapa keterbatasannya.

    pak febri kira-kira sekarang ada tidak framework yang free tapi bagus, untuk menampilkan charting,cube dan hasil miningnya? atau apakah ada cara lainya yang lebih “free”, seperti ngoding manual?(mungkin seperti kalau kita menampilkan chart biasa menggunakan php dengan koneksinya ke database).

  2. 2 febriharsanto
    March 1, 2011 at 8:48 am

    Ada Mas yang free, tapi juga ada paket yg berbayar. Coba, buka saja pentaho dan jasper. Mas bisa baca dan download untuk mencoba


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Didukung Oleh

Herbal Cikarang Pengolahan Data Busana Muslim Undangan Souvenir Cikarang

Man Behind this blog

Ganteng euy

Blogger Cikarang

Blogger Cikarang

Statistic Pengunjung

  • 143,273 hits

Trafik Pengunjung

Popularity

My Popularity (by popuri.us)

RSS VOA Islam News

My Messenger


%d bloggers like this: