25
Mar
09

Pelajaran Moral waktu aku SD

Guru Lagi Mengajar

Guru Lagi Mengajar

Sengaja menulis judul seperti itu, dan memang ditulis, karena sudah lamanya pelajaran ini saya ingat dan masih membekas sampai sekarang. Khawatir kelupaan, biar bisa menjadi catatan pribadi sekalian ditulis di blog ini.Masih teringat pertanyaan atau pernyataan guruku ketika kelas 3/4 SD. Pertanyaan pilihan, Mana yang lebih mulia pekerjaan berikut ini: A. Dokter, B. Petani, C Tukang Becak, D semua mulia. Ketika pertama kali pertanyaan ini dikemukakan, sontak banyak teman yang salah menjawab, termasuk saya. Banyak yang memilih A. Dokter. Sama Bu guru diberi penjelasan kalau semua pekerjaan adalah mulia. Dari kecil saja sebenarnya sudah terlihat bahwa cara menghargai orang sudah terlihat dari apa yang dikerjakan dan apa yang dipunya, apalagi orang sudah besar. Kalau tidak ada moral pengetahuan tentunya akan menjadi seperti itu. Sampai sekarangpun sering kita tergelincir menjadi kurang begitu menghargai orang lain karena merasa kita lebih punya dan merasa lebih yang lain. Ini belum termasuk merasa lebih yang tersamar ‘sok bijak’ entah lewat tulisan ataupun perkataan.

Yang kedua, kalimat yang sering dikemukakan waktu itu, mengutamakan kepentingan golongan di atas kepentingan pribadi atau mengutamakan kepentingan bersama/orang banyak di atas kepentingan pribadi. Kalau menilik dari pernyataan tersebut, tentunya lebih mengarah ke sosial. Mana ada orang jaman sekarang kegiatan sosial tanpa pamrih? Sulit serasa dilakukan kalau sudah menyangkut ekonomi, kasar jawanya “Mboh sing penting wetengku, keluargaku wareg, gak peduli wong liyo”. Seandainya perbuatan yang dilakukan adalah sosial “rakyat” kepentingan orang banyak, masih banyakkah poster-poster atau poto-poto itu menghiasi jalanan?


1 Response to “Pelajaran Moral waktu aku SD”


  1. April 22, 2009 at 8:39 am

    apapun pekerjaannya kalo sudah berjalan dijalan positif dan halal juga merupakan pekerjaan mulia.daripada bekerja yang negatif dan haram,merugikan diri sendiri dan oranglain.sebelum bekerja untuk sosial,mulailah dulu untuk bekerja untuk diri sendiri dan keluarga kemudian lambat laun menuju kepentingan sosial..post yang menarik..salam


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Didukung Oleh

Herbal Cikarang Pengolahan Data Busana Muslim Undangan Souvenir Cikarang

Man Behind this blog

Ganteng euy

Blogger Cikarang

Blogger Cikarang

Statistic Pengunjung

  • 143,273 hits

Trafik Pengunjung

Popularity

My Popularity (by popuri.us)

RSS VOA Islam News

My Messenger


%d bloggers like this: