27
Apr
09

Ribetnya Akad KPR

Presentasi dari Pihak BTN

Presentasi dari Pihak BTN

Jumat kemarin kebetulan di schedule dengan Bank BTN atas pembelian rumah di Grand Cikarang City. Ya kebetulan kenapa musti jam 1 siang, kok gak hari lain dan jamnya pagi. Kalau jumat itu ya kepotong jumatan dulu, belum lagi kalau jumat itu besoknya libur (sabtu), dan kebetulan juga kenapa di Bekasi kok tidak di Cikarang saja?

Tanda Tangan dengan pihak Bank

Tanda Tangan dengan pihak Bank

Sebenarnya DP sudah dilunasin sebulan-2 bulan sebelumnya, akan tetapi mungkin dibersamakan dengan yang lain, jadinya dikumpulin di satu hari yang sama. Tidak lupa membawa poto copy KK, KTP 5 lb, dan materai 10 lb. Otomatis sebelumnya sudah diendapkan di rekening bank (BTN) saldo minimal plus sejumlah uang untuk auto debet cicilan pertama.

Sampai Metropolitan Mall, jalan pelan-pelan menyusuri arah GOR, belok kiri (maklum berdasar ingatan hasil baca peta) ke arah Jalan Sudirman. Takut nyasar di jalan sambil tolah-toleh kanan kiri, dan alhamdulillah ketemu juga. Lumayan besar gedungnya, sehingga kelihatan jelas dari jalan. Masuk bank, sedikit basa-basi dengan reseptionist ditunjukkan acara akad diadakan di lantai 3, wuih capek juga naik tangga. Bayangannya itu sepi sendiri-sendiri, eh ternyata sampai lantai atas sudah penuh orang😦 . Ternyata dalam acara akad ini dikumpulin juga dari berbagai perumahan (Pantas penuh), jadi sekali akad BTN dapat nasabah kredit banyak. Setelah absen dan ambil berkas persyaratan akad di masing-masing developer, masuklah ke dalam sebuah aula (ruang pertemuan) dimana di dalamnya sudah berlangsung penjelasan dari pihak bank (BTN) mengenai point-point dalam melakukan akad kredit, termasuk juga dengan pihak Notaris selaku kuasa hukum. Sebenarnya sih sudah mengerti apa yang dibicarakan disitu, cuma karena ya ngikutlah daripada kesannya sok pinter, dan ikut kumpul dengan yang lain, sambil cuci mata🙂 . Dalam session tanya jawab, pertanyaan yang dilontarkan lumayan bagus, termasuk yang agak nyentil menurut saya adalah pertanyaan seseorang yang mengambil perumahan di Babelan mengenai bagaimana seandainya terjadi bencana seperti di Lapindo (maklum di Babelan sedang banyak bor) hehe. Dijawab tangkas juga dengan Pihak Bank, dalam hal ini segala kekayaan/keuntungan/kelebihan di tanah tersebut adalah milik pembeli rumah, sebaliknya juga segala kerugian/bencana yang terjadi adalah kerugian pembeli rumah, bukan tanggung jawab Bank (ceile lumayan diplomatis ckckck). Ada lagi yang nanya bagaimana setelah akad kredit ini meninggal, ya dijawab diguyonin saja. Seandainya sehabis akad ini (tanda tangan Bank+Notaris selesai) misal dalam 2 jam meninggal ‘wajar’, Lunas (Tapi siapa yang tahu kalau mau mati?) hehehe.

Acara yang terakhir dan inti adalah tanda tangan dengan Pihak bank  (BTN) dan pihak Notaris (legal). Agak sedikit crowded disini, karena banyaknya peserta dari berbagai perumahan. Akhirnya dipecah-pecah, beberapa person Bank misah dan beberapa notaris misah, dengan tanda tangan juga bebas, mau dengan pihak Bank dulu boleh, dengan pihak Notaris dulu juga boleh. Ya namanya akad kredit KPR (rakyat) wajar jika acaranya sedemikian ‘rapet’ ramai dan mepet, kena bunga masih tinggi lagiee😦. Rasanya seperti antri sembako🙂


78 Responses to “Ribetnya Akad KPR”


  1. May 11, 2009 at 5:12 am

    Wah …saya dulu pernah mas. Cuma kolektif, jadi ngga seberapa ribet. Paling pusing doang lihat orang banyak.

    Salam ribet

  2. 2 heri
    May 16, 2009 at 4:12 pm

    iya nih tgl 14/5 kemarin aku bru akad kredit luar biasa ribet kalu ndak nyodok ndak kelar2
    trus,mas kalu setelah akad berkas yg harus kita bw apa aja yoo..

    • 3 febriharsanto
      May 17, 2009 at 1:22 am

      Seingat saya, sehabis akad kpr tersebut membawa surat pengantar pengambilan kunci rumah, surat penegasan persetujuan penyediaan kredit, buku/lembar perjanjian kredit antara bank dengan bapak, rekap surat pernyataan dan kuasa antara bank dg bapak/developer, dan rekap auto debet rekening (jika auto debet).

  3. 4 Fadli
    May 20, 2009 at 6:41 am

    saya saat ini juga sedang bersiap2 untuk akad kredit ( info dr developer ) namun yg menjadi pertanyaan apa saja yg harus saya perhatikan untuk proses akad kredit ini? karena saya lihat kondisi rumah yg saya kredit ini pun belum sempurna bahkan infrastruktur nya pun belum lengkap. Listrik pun belum masuk, rumah belum ada plafond nya. Apakah saya bisa akad kredit dgn kondisi seperti ini? mohon infonya teman2 yg sudah pernah

    • 5 ratih
      October 29, 2012 at 3:28 am

      akad kridit seharusnya ditentukan oleh pihak pembeli, karena kondisi rumah setelah akad kredit, oleh pihak developer kurang diperhatikan.

  4. May 20, 2009 at 7:54 am

    Kalo saya udah lama akad kreditnya tanggal 26 Nopember 2008.
    Gimana ya… kondisi sekarang. Tolong donk informasi-nya.
    Karena saya sekarang sedang bertugas di Surabaya.
    Apa sudah ada penghuni pertama disana.
    Bisa gak dikirim foto rumah yang sudah dihuni? bagaimana listrik dan airnya.
    Maaf udah merepotkan.
    Terima kasih

    • 7 febriharsanto
      June 2, 2009 at 3:53 am

      @Ahmad daffa
      jaringan pipa air sudah ke rumah-rumah Pak, minimal sudah sampai selang hitam diikat sampai depan rumah, menunggu kapan yang punya rumah nempatin dan bayar instalasi, baru deh tinggal nyambung curr….

      Kalau foto2 ini agak ribet Pak, mending Bapak lihat sendiri atau mungkin teman yang lain yang ada.
      Area motor cros sudah menjadi padang rumput lagi, fasum belum ada kecuali hamparan tanah kosong, termasuk tempat bermain juga belum ada. Mengenai komentar penghuni saya enggan menginterview mereka, tapi sudah lumayan banyak yang nempati.

      @Fadli
      Untuk akad kredit sebenarnya tidak begitu rumit, asal persyaratannya lengkap saja.
      Saya sebelumnya juga akad kredit dalam kondisi bangunan belum jadi semuanya, kurang tahu kalau yang lain mungkin sudah dalam kondisi lengkap. Minimal buat penjaminan ke Bank rumah sudah tampak jadi kelihatan dari depan.

      Maaf kalau jawabnya kelamaan dan kurang memuaskan.🙂

  5. 8 tera
    March 25, 2011 at 6:23 am

    mw tanya kl proses akad kredit ituh memang biaya2nya yg harus dibayar saat akad itu apa az ya (maklum baru pertama kali) trus bisa di nego ga sih (takut malu kl nanya bs nego) krn sy april mendatang akan akad kredit tp biayanya kira2 sampe 3.200.00 untuk notarisnya saja dan 5.6jt untuk pihak banknya apakah benar seperti itu?
    thx buat jawabannya

  6. 9 tera
    March 25, 2011 at 6:23 am

    mw tanya kl proses akad kredit ituh memang biaya2nya yg harus dibayar saat akad itu apa az ya (maklum baru pertama kali) trus bisa di nego ga sih (takut malu kl nanya bs nego) krn sy april mendatang akan akad kredit tp biayanya kira2 sampe 3.200.00 untuk notarisnya saja dan 5.6jt untuk pihak banknya apakah benar seperti itu?
    thx buat jawabannya…

    • 10 febriharsanto
      March 25, 2011 at 6:59 am

      @tera:
      Nego setahu saya perihal besar cicilan pinjaman ke banknya. Kalau saya kemarin kolektif, notaris dan bank sudah ditentukan dari perumahannya. Perihal besaran biaya notaris dan banknya saya sendiri, kurang tahu. Dari Bank biaya meliputi Biaya Provisi, Biaya Admin, Biaya Asuransi Jiwa, Biaya Asuransi Kebakaran, Cicilan 1 bulan pertama, sedang dari notaris meliputi Biaya Cek Sertifikat, Biaya Perjanjian Kredit, Akta Jual Beli, Bea Balik Nama, APHT, Pembebanan Hak Tanah. Kurang lebih begitu🙂

  7. 11 eko
    July 8, 2011 at 10:13 am

    tgl 28 juni kemaren saya wawancara d bank btn bekasi utk perumahan yang rencananya saya akan ambil d daerah cikarang.kira kira butuh berapa lama untuk proses akad kredit mengingat kndisi rumah udah siap huni,dan apakah untuk DP harus lunas duluan karena kmrn prstujuan dg developer bisa d angsur 10xncananya saya akan ambil d daerah cikarang.kira kira butuh berapa lama untuk proses akad kredit mengingat kndisi rumah udah siap huni,dan apakah untuk DP harus lunas duluan karena kmrn prstujuan dg developer bisa d angsur 10x

    • 12 febriharsanto
      July 8, 2011 at 3:25 pm

      Mas Eko, berdasar yang saya alami, DP sebelum maju akad kredit harus lunas. Jadi, kalau rumah siap huni, sebenarnya sama developer sudah bisa diajukan jaminan ke bank, tinggal Mas Ekonya saja gimana melunasin DP nya. Acuan 10x itu sebenarnya 10x kali cicilan sebelum hari akad kredit dp harus lunas, gampangnya begitu. Cuma, kalau melihat kondisi Mas Eko, jika bangunan sudah siap, dan 28 Juni sudah dinyatakan debitur yang layak oleh Bank, jika dalam waktu dekat akad kredit diselenggarakan oleh Bank, maka developer akan menekan segera melunasi DPnya ini, syukur kalau Mas Eko masih bisa mengulur waktu, misalkan 10 bulan kedepan untuk membayar DPnya dan developer bisa mengerti, kalau developer tidak mengerti, tentunya 10x pelunasan hanya sekedar wacana saja akhirnya. Semoga 10x itu bisa diartikan 10 bulan kedepan.🙂

  8. 13 fajar
    July 19, 2011 at 8:41 am

    Sy mo tnya donk tgl 4 juli kemarin sy wawancara di bank btn,. tetapi bangunan rumahnya blm jadi masih indent,. kt pihak developer Dpnya harus dbyr 50% dahulu br bisa di bangun,. tetapi sy blm dpt jawaban dr bank btn apakah kpr sy di setujui/ tdk,. dr pihak developer blg pihak btn bru akan proses jika rumah sdh jadi,. apakah memang prosesnya seperti itu klo untuk rumah indent,. dan apakah jk sdh akad kredit sdh pasti disetujui kprnya oleh pihak btn,. mhn bantuannya (maklum br pertama kali ambil kpr). tks

    • 14 febriharsanto
      July 19, 2011 at 9:52 am

      Perihal bangunan dibangun dan tidak itu kewenangan developer. Lebih dulu diutamakan persetujuan KPR bank, dimana ada survey/wawancara dulu dengan calon konsumen/nasabah perihal mampu atau layak tidak untuk mendapatkan kredit, dimana maksimum cicilan 30% dari gaji bulanan. Jika wawancara dengan pihak bank disetujui, baru dipikirkan cara membayar dp tersebut, dengan asumsi bahwa DP mengurangi harga jual Rumah.

  9. 15 fajar
    July 19, 2011 at 1:38 pm

    jadi sebaiknya sy harus tunggu jawaban dulu dr pihak btn atau saya bayar cicilan DP pak?,. saya jd bingung krna untuk rmh yg ready stock sdh ada jawaban disetujui dr BTNnya,.kt BTN tunggu 2 minggu untuk jawabannya tp smp skrg blm ada jawaban,. sebenarnya klo dah ada jwban dr btn sy brani byar DP 100%,.apakah memang untuk rmh indent seperti ini prosesnya saya jd ragu,. tks

    • 16 febri
      July 19, 2011 at 2:24 pm

      Sebenarnya bisa tanpa menunggu persetujuan pihak bank (asal yakin disetujui), dp pun bisa dibayar. Jikapun tidak disetujui pihak bank, setahu saya uang muka kembali dipotong sekian %. Waktu dengan bank juga tidak setiap saat, karena cenderung baik wawancara dan akad sekalipun diadakan secara kolektif, kecuali mengurus sendiri. Jadi Mas tentukan, jika yakin disetujui pihak bank, dan Mas memang ingin sekali rumah tersebut, ya bayar saja DP nya, dicicil juga gak papa khan sebenarnya🙂. Karena begini, ada beberapa calon pembeli rumah sekitar dulu/blok lain, sudah membayar sampai uang muka lunas, rumah belum dibangun sama sekali, jadi waktu uang muka lunas dan akad kredit bank lama sekali jedanya. Jadi sekalian dipastikan bahwa rumah tersebut segera dibangun (kalau berani hitam diatas putih), karena syarat akad kredit, bangunan fisik rumah sudah jadi sebagai jaminan ke bank.🙂

  10. January 31, 2012 at 4:07 pm

    kamis bini ane juga mo wwncara,…smoga di acc ma pihak bank…….

    • 18 febriharsanto
      February 1, 2012 at 2:37 am

      Amin Pak. Kemungkinan diapprove lebih besar dibanding tidak Pak, krn bank butuh nasabah. Asal ratio cicilan dengan penghasilan tidak lebih sepertiga.🙂

  11. 19 Ahmad
    February 8, 2012 at 10:15 am

    Ass,mu tanya sy akd kredit tgl 15 desember 2012 lalu sampai bulan februari ini lum ada pmotongan auto debet,yang mu sy tanyakan kapan mulai angsuran pertama nya?dan tiap tgl brp di debet nya?mkasih

    • 20 febriharsanto
      February 8, 2012 at 10:25 am

      Pertama sekali coba bapak baca buku/lembaran ketika akad, setelah itu buku/lembaran ketika bapak akad kredit di bank. Kemudian cek, saldo mencukupi tidak. Seingat saya biaya bphtb masuk. Berapanya bapak yg tahu sendiri. Mungkin maret baru terdebet, atau bisa ditanyakan ke bank

  12. 21 udin
    March 5, 2012 at 4:52 am

    saya akan melakukan akad kredit dgn bank BTN tgl 25 maret 2012 besok, total biaya akad dari bank sekitar 11,5 jt (dari pihat bank), belum lagi dari pihak notaris yg belum tau berapa jt nya, yg ingin saya tanyakan dimana ya cari info biaya2 yg dari pihat notaris? tanya Developernya apa tanya ke orang Bank?

    • 22 febriharsanto
      March 5, 2012 at 7:13 am

      Seingat saya, dari marketing developer rumah yg bapak beli bisa memberi penjelasan berapa berrapanya, dan biasanya marketingnya menyertai ketika akad kredit

  13. 23 andri
    March 13, 2012 at 1:07 pm

    salam kenal pak,

    pas wawancara dengan bank, saya siap dengan DP sebesar 25 %, setelah saya dapet SP3K , DP yang harus saya bayar cuma 20 % dan besar plafon kredit yg diberikan bank lebih besar dari pengajuan saya.. otomatis angsuran tiap bulan lebih besar dari perhitungan semula pak.. gimana ini pak ?

    maksud saya besarin DP , biar angsuran tiap bulannya kecil

    mohon penjelasannya.. makasih

    • 24 febriharsanto
      March 18, 2012 at 2:17 pm

      Hmm…begini Pak, saya jawab berdasar yang saya alami. Saya ketika wawancara dengan bank, malah menginginkan saya mau cicilan perbulan sekian ‘x’ juta, dalam n tahun. Kira-kira berapa dp yang harus saya bayar. Lalu dari pihak banknya menghitungkan. Kalau melihat kasus Bapak, sepertinya agak mirip, seharusnya pihak banknya mau menghitung besaran yang bapak inginkan. Entah ada alasan lainkah sehingga pihak bank seperti itu.🙂

      • 25 mila
        September 22, 2012 at 4:10 pm

        sayanmau bertanya,,,sy sdh melunasi dp rumah, kpr rumah jg sdh disetujui pihak bank..tapi sy blm akad kredit jg smpai sekarang. sdh ada sebulang sejak kpr disetujui bank..menurut pihak developer msh mengurus sertiivikat kavling nya..tp pihak bank sendiri baertanya kapan sy siap akad kredit. sy jd bingung disini. terima kasih

      • 26 febriharsanto
        October 11, 2012 at 4:38 am

        Kalau ibu sudah siap finansial sebaiknya secepatnya, cuma ketika akad kredit syarat rumah/bangunan sudah ada atau jadi termasuk surat-suratnya yang dijaminkan ke Bank oleh developer sebagai bukti kepemilikan rumah tersebut oleh Bank atas nama Ibu.

  14. 27 MUNTI
    December 28, 2012 at 7:58 am

    Pak Saya ingin bertanya, Pihak depeloper saya bilang sekitar awal tahun 2013 ini saya akan melakukan wawancara, lantas apa saya yg harus saya persiapkan untuk kelancaran proses wawancara ini, Perlukah saya membawa Persiapan dana untuk biaya Adm
    Sedangkan saya Dp mengunakan jasa Jamsostek
    Thx

    • 28 febriharsanto
      December 29, 2012 at 10:41 pm

      Tidak banyak yang perlu dipersiapkan kok Bu Munti.
      Jika Ibu karyawan di perusahaan, menyiapkan surat sebagai karyawan (tetap), kemudian slip gaji terakhir (jaga-jaga jika diperlukan).
      Jika pemilik perusahaan, copy SIUP (jaga-jaga jika diperlukan).
      Dana administrasi? Tidak ada Bu, dengan anggapan bank mencari nasabah baru. Lain itu siapkan biaya untuk foto copy ktp/kk dan materai

  15. 29 Satria
    January 6, 2013 at 3:42 am

    Pada bulan awal desember lalu saya sudah interview tapa sampai jan 2013 ini saya belum akad. Untuk menuggu akad otu butuh berapa lama yang dan apa akan dikenakan biaya lagi mohon penjelasanya ya. Terima kasih

  16. 31 ddt
    January 20, 2013 at 1:49 pm

    saya mengambil kpr-btn indent, sudah akad kredit tgl 13 desember 2012 tapi sampai sekarang rumah blm dibangun,padahal saya udah mulai mengangsur.. kemana saya harus mengadu? apa hak2 saya, sudah ke developer tapi bentar lagi2 terus..

  17. 34 tika
    February 6, 2013 at 8:26 am

    mau tanya pak,besok suami sy akan akad krfit.tp dp bru kami pegang 75% apakah bank akan meng acc

  18. 35 hafit
    February 25, 2013 at 8:11 am

    saya mengajukan kpr lewat mandiri, sdh hampir 1 bln ini blm ada info, setelah ditanyakan ke bank tsb kpr sya sdh di setujui tinggal menunggu banding suku bunga, maksud nya gmn? kira2 brp lama lg proses nya…? mksh.

    • 36 febriharsanto
      February 25, 2013 at 5:09 pm

      kalau berapa lama saya kurang tahu Pak. Menunggu banding maksudnya menunggu bunga yang akan dikenakan ke Bapak berapa besar, tergantung bank yang bersangkutan, walau bank yang bersangkutan mengacu pada BI rate. Semoga tidak lama, seharusnya cepat, karena sudah disetujui.

  19. 37 agus
    April 1, 2013 at 7:10 am

    Saya mau membeli rumah secara kpr.oleh marketing perumahan tsb saya diminta data2 kelengkapan pengajuan kpr dan booking fee(saya hanya diberi kwitansi pembayaran).katanya setelah pengajuan kpr disetujui saya hrs membayar dp kemudian rumah baru dibangun.setelah rumah jadi baru dilakukan akad kredit ke pihak bank.apakah prosedurnya memang seperti itu?surat perjanjian apa saja yg hrs saya minta agar terhindar dr penipuan.mohon tips dan sarannya.terimakasih

  20. 38 agus
    April 1, 2013 at 7:21 am

    Saya mau membeli rumah secara kpr.oleh marketing perumahan tsb saya diminta data2 kelengkapan pengajuan kpr dan booking fee(saya hanya diberi kwitansi pembayaran).katanya setelah pengajuan kpr disetujui saya hrs membayar dp kemudian rumah baru dibangun.setelah rumah jadi baru dilakukan akad kredit ke pihak bank.apakah prosedurnya memang seperti itu?surat perjanjian apa saja yg hrs saya minta agar terhindar dr penipuan.mohon tips dan sarannya.

    • 39 febriharsanto
      April 1, 2013 at 3:13 pm

      prosedurnya seperti itu Pak. Jadi booking fee sekedar biaya booking blok/tempat rumah. Sambil menunggu rumah ready/jadi diminta mempersiapkan kelengkapan data untuk disurvey bank, apabila disetujui, dilanjutkan pelunasan uang muka kemudian akad kredit setelah rumah jadi didepan notaris. Apabila tidak disetujui oleh bank, tentunya booking fee dikembalikan (tergantung kebijakan pengembang kembali berapa %, seharusnya sih 100%)

  21. 40 eko
    June 17, 2013 at 6:49 am

    pak apa boleh akad kredit tapi belum jadi rumahnya? padahal di akad kredit menjelaskan detail rumah yang kita ambil mohon saraannya. btw saya sedang mengajukan. mohon doanya. Trimss

    • 41 febriharsanto
      June 17, 2013 at 1:37 pm

      Tidak boleh Pak, akad kredit dengan leasing/bank sudah ada barang jadi sebagai jaminan akad, bukan rencana.
      Cuma sekarang banyak developer nakal seperti itu, ditambah ketidaktahuan konsumen.

  22. July 20, 2013 at 4:44 pm

    malam mas.

    saya sudah wawancara dengan pihak BTN bulan Juni 2013 lalu. Dan saya sudah Dp 10% ke pihak developer. Akan tetapi hingga hari ini belum mendapat informasi mengenai persetujuan kpr tsb. Dimana saya bisa mendapatkan informasi tsb? Dan adakah ciri2 bila kpr tsb disetujui atau dibatalkan? Serta berapa lama akan diinformasikan ke user (kita) sejak wawancara?

    demikian.
    Terima Kasih sebelumnya.
    Al-K cikarang

    • 43 febriharsanto
      July 21, 2013 at 12:36 am

      Begini Pak, waktu antara interview dg bank dan akad kredit adalah masa pembayaran dp (10% yg bapak bayar). kalau dp sudah lunas, developer menunggu jadi fisik bangunan untuk diagunkan ke bank sehingga bank bisa memanggil bapak/kolektif untuk akad kredit (kalau ini disetujui). Di wawancara sendiripun kalau Bapak diperkenankan lanjut untuk bayar DP sebenarnya ‘disetujui’, karena di wawancara tersebut sebenarnya survey awal kemampuan financial Bapak oleh bank. Kalau tidak disetujui bank akan memberitahu Bapak kira2 seminggu setelah wawancara, untuk lebih jelasnya coba hubungi bank Pak. Mungkin saat ini menunggu selesai bangunan atau menunggu orang lain untuk dilakukan akad kredit kolektif.

  23. July 22, 2013 at 1:31 pm

    baik,terima kasih mas atas informasinya. karena selama ini kok saya pikir gamang atau spti tkatung2 nasib dp dan persetujuan kpr.
    Demikian.
    Terima kasih

    AL-K cikarang

  24. 45 dirani
    September 22, 2013 at 1:19 pm

    mas saya mau tanya, tgl 1 okt 2013 ini saya akan wawancara biasanya dr wawancara ke akad kredit berapa lama ya ? mohon pencerahannya

  25. 47 deden
    September 23, 2013 at 7:05 pm

    Rencana dari pihak developer minggu depan saya akan melakukan akad kredit dengan pihak bank BTN & notaris. istri baru melahirkan di luar kota, bagaimana ketika akad kredit istri tidak bisa hadir, apakah ada keringanan lain ?, Seperti surat/ berkas yg harus di ttd istri itu oleh saya dibawa pulang untuk di ttd oleh istri saya !

    Biasanya lembar yang harus di ttd oleh istri itu berkas dari bank BTN atau dari Pihak notaris ? (Karena saya juga akan. Sekalian langsung menaikan status tanah ke SHM)

    Mohon tanggapannya, trims

  26. September 23, 2013 at 7:28 pm

    Rencana dari pihak developer minggu depan saya akan melakukan akad kredit dengan pihak bank BTN & notaris. istri baru melahirkan di luar kota, bagaimana ketika akad kredit istri tidak bisa hadir, apakah ada keringanan lain ?, Seperti surat/ berkas yg harus di ttd istri itu oleh saya dibawa pulang untuk di ttd oleh istri saya !

    Biasanya lembar yang harus di ttd oleh istri itu berkas dari bank BTN atau dari Pihak notaris ? (Karena saya juga akan. Sekalian langsung menaikan status tanah ke SHM)

    Mohon tanggapannya, trims

    • 49 febriharsanto
      September 24, 2013 at 2:26 am

      Mungkin ada keringanan bisa tanda tangan sendiri Pak. Tapi pastinya saya kurang tahu. Yang ditandatangani kalau gak salah berkas dengan notaris.

  27. 50 Aini
    October 7, 2013 at 4:11 am

    pak,mau tanya ….saya tahun 2012 ambil perumahan di GCC juga indent,sdh dp sekitar 60% dr uang muka,sdh wawancara pertama dgn BTN,tp sampai skrng blm ada pembangunan,setelah saya cek ada masalah pembebasan tanah, janji tahun ini mau dibangun,apa yg harus saya lakukan yah,karena sdh jalan 1 tahun blm ada pembangunan

    thx

    • 51 febriharsanto
      October 7, 2013 at 8:59 am

      Dear Bu Aini.
      Wawancara Bank hanya berupa interview kelayakan nasabah untuk ambil KPR, bukan akad. Nah jika memang developer SPS Ibu rasa sampai batas waktu yang dijanjikan belum dibangun+akad, sebaiknya Ibu tarik/ambil uang untuk DP (jika bisa) untuk membeli di tempat lain jika memang tidak berkenan beli. Kalaupun urgent butuh segera biasanya developer SPS akan menawari stock rumah yang ada/ready di lain blok/tempat.

  28. December 12, 2013 at 7:01 am

    Pak,2 minggu yang lalu saya mengajukan permohonan kpr di Bank BTN.Seminggu setelah pengajuan akhirnya di survei juga.dari pihak bank memberi informasi kalau minggu depan akan di beri informasi di setujui apa tidaknya pengajuan saya.Setelah satu minggu pihak bank memberi kabar kalau akan di lakukan appraisal ulang.yang mau saya tanyakan knpa harus di appraisal ulang?trus kira2 kpr saya bisa di setujui g pak?

    • 53 febriharsanto
      December 12, 2013 at 2:53 pm

      Wah Bu, kalau disetujui atau tidak tentunya yg lebih tahu Banknya sendiri🙂. Dalam hal ini (appraisal ulang), mungkin berkaitan dengan penilaian jaminan/rumah yang bakal ibu beli, jadi mungkin akan ditinjau kembali, berapa besaran kredit yg bisa diberikan, atau berapa penilaian bank terhadap rumah yang mau Ibu beli.

  29. December 22, 2013 at 2:32 pm

    Jadi kalo akad kridit itu intinya cuman tanda tangan ya perjanjian diatas matrai

  30. 58 dhean
    March 7, 2014 at 12:44 pm

    Saya mau tanya ni mas kalau akad kredit biasanya ўƋ₪ƍ di tanyakan ª₱α saja? Setelah akad kredit ada pertimbangan pertimangan └∂ģî enggak kemungkinan tidak di acc juga?

  31. 59 awan
    June 10, 2014 at 6:26 am

    salam kenal Bpk febri?
    saya mau tanya sayakan ambil kpr di daerah bekasi timur kalau dari pihak developernya bilang sdh diacc dari pihak bank nanti tinggal tunggu akad saja katanya dan saya bertanya kepada meraka kapan akadnya apakah benar itu sudah diacc proses kprnya, sedangkan saya belum dapat informasi apa2 dari bank DKInya, mohon pencerahannya, apakah saya harus tanya ke bank DKInya?
    terimakasih.

    • 60 febriharsanto
      June 10, 2014 at 11:12 am

      Berdasar pengalaman saya, jika tidak disetujui pasti dikembalikan dpnya atau diminta mencari bank lain yang menyetujui. Menunggu akad, maksudnya mungkin menunggu kolektif, jadi developer menyamakan jadualnya denga pembeli yang lain sehingga bisa bersamaan ketika tanda tangan di depan notaris. Tenang saja Pak, mungkin dalam masa menunggu teman2 pembeli yang lain.

  32. 61 arifin siregar
    July 26, 2014 at 1:48 pm

    Yth bpk/ibu ajukan pinjaman anda, walaupun kredit kepemilikan rumah, kredit ruko, kredit aparteman dan kredit multi guna anda belum lunas. Kami bisa proses. Hub bpk arifin 082113856677. Trmksh

  33. September 1, 2014 at 12:06 am

    Maaf mas mau tanya, saya mau kpr rumah yg sudah ready stock, sudah bayar booking fee (2juta). 4hr lg mau wawancara tp dgn syarat sudah memberikn depe awal 15juta baru bs wawancara, setelah wawancara nanti saya diminta melunasi depe 100% baru bs akad. Prosesnya sudah benarkah? Soalnya sebelum wawancara kok sdh diminta depe awal ya? Saya tanya ke developer dia bilang begitu prosesnya… Klo nanti tidak acc bank, uang depe kembali tapi 1jt500 rb hangus sebagai biaya administrasi.
    Mohon share pengalaman nya, aman ato tidak membayar depe awal sblm wawancara??? Masih takuttt nih klo di tipu2…😦

    • 63 febriharsanto
      September 1, 2014 at 3:00 am

      Dear Bu Ika..
      Perihal DP sekian dll adalah kewenangan developer Bu, karena yang menentukan harga.
      Sedikit cerita, kalau saya dulu sehabis DP terus wawancara. Nah wawancara ini bersifat penilaian financial pemberi kredit terhadap calon nasabah yang membeli rumah. Baik pendapatan per bulan, pengeluaran hingga ideal cicilan perbulan berapa dan lain-lain.
      Kalau ibu khawatir tidak salah, karena ada 1.5 juta hilang jika tidak lolos wawancara appraisal dari pemberi kredit (bank).
      Jika ibu yakin dengan kemampuan financial terhadap kelangsungan pembayaran rumah nantinya, tentunya Ibu tidak perlu takut.🙂

  34. 64 limbong
    September 1, 2014 at 4:30 pm

    mau nanya mas, saya seorang pedagang (tukang warung) sedang mengajukan kpr, saat ini menunggu untuk dipanggil wawancara. Nah ada beberapa yang ingin saya tanyakan;
    – saat wawancara apakah akan ditentukan kapan akan disurvey dan berapa kali di surveynya?
    – kalau misalnya di acc sampai dikeluarkannya sp3k apakah masih ada kemungkinan pembatalan oleh bank ?
    – seandainya setelah sp3k keluar
    saya pindah tempat usaha
    apakah akan ada tindakan oleh pihak bank ?
    itu aja , mohon bantuannya, makasih sebelumnya.

    • 65 febriharsanto
      October 2, 2014 at 8:34 am

      survey mendadak/ditelpon lebih dulu. Jarang terjadi pembatalan oleh bank. Mengenai pindah tempat usaha setelah sp3k keluar setahu saya tidak ada tindakan oleh bank.

  35. 66 gugun
    October 2, 2014 at 5:37 am

    siang, mau tanya pak, apakah biaya KPR sudah termasuk biaya notaris, adm bank, assuransi …. dll sebagianya.
    Kebeneran saya mau ajukan KPR & langsung mau wawancara tgl 09 Oktober 2014, Mohon penjelasanya ya pak.

    • 67 febriharsanto
      October 2, 2014 at 8:33 am

      Jika mengacu pada pengalaman saya ketika membeli rumah (kolektif) di perumahan, sudah termasuk biaya notaris, adm bank, dan asuransi.🙂

  36. 68 BAYU
    April 23, 2015 at 9:44 am

    siang pak ….saya mau tanya …..
    saya ambil perumahan di daerah cikarang ….tgl 10 okt 2014 saya wawancara di btn trus tgl 8 january 2015 sp3k pengajuan kpr saya turun dari btn….namun sampai sekarang saya belum bisa akad …karena ada syarat yang belum bisa developer berikan ke btn…kalo gak salah NIB ( nomor induk bangunan)….
    saya sudah coba cek ke BPN ( badan pertanahan negara ) takut rumah yang akan saya beli tanahnya msh ada sengketa atau pembebasan tanahnya belum tuntas….mohon masukan dan sarannya saya harus bagaimana…
    thx

    • 69 febriharsanto
      June 1, 2015 at 10:18 am

      Cek ke BPN bagus, tetapi sebenarnya sama Bank sudah dicek ke developernya, maklum seperti ini berkaitan dengan kredibilitas bank di kedepannya. Tunggu saja Mas, minimal syarat jelas akad bangunan sudah jadi.🙂

  37. July 6, 2015 at 8:14 am

    akad kredit tuh sebenernya dilakukan di bank pemberi kpr atau di notarisnya ya?

    • 71 febriharsanto
      July 7, 2015 at 2:51 am

      Akad kredit biasa di tempat pemberi kredit dalam hal ini bank, sedang notaris sebagai penambah legalitas transaksi antara bank dan nasabah.

      • July 7, 2015 at 2:59 am

        soalnya saya dijadwalkannya di kantor notarisnya. kenapa bisa begitu ya? atau karena saya ketinggalan jadwal akad sebelumnya? *mohon pencerahan*

  38. 73 jamal
    September 20, 2015 at 1:03 pm

    pa saya mau nanya saya mau ngmbil perumahan sya udh wawncara terus sp3k nya udh d acc bank pas mau saya lunasi dpnya sya cek kmbali rumahnya retak2 tembok nya saya ga mau, sya memilih mundur dan meng iklasin dpnya hangus, kta pihak developer klo ngambil lgy di perumahan lain ga bisa subsidi krna data yg saya masukan sudah d ambil pihak bank dan harus ngambil yg komersil emng seperti itu aturannya?

    • 74 febriharsanto
      June 27, 2016 at 9:25 am

      Maaf Pak, kalau yang ini saya kurang tahu.
      Jangankan begitu, yang bergaji diatas rata-rata saja bisa mengambil subsidi, tidak komersil malahan.

  39. 75 Herman
    February 8, 2016 at 4:41 am

    Maaf Pak, Mau tanya… beberapa hari yang lalu saya sudah proses pengajuan KPR disalah satu bank, semua Dokumen penunjang sudah saya kirim ke Bagian KPR di bank tersebut. setelah berjalan lancer sampai survey ke rumah sudah dilakukan pihak Bank, tiba2 si ibu yg mengurus proses KPR saya mengajukan syarat, katanya kalau mau di ACC harus nambah DP dan memBlock 3 kali angsuran di rekening Bank tersebut. otomatis saya merasa kecewa karna tidak sesuai dengan pembicaraan diawal, kalau dari awal tau akan seperti ini saya tidak akan mengajukan KPR, berhubung dana yang saya pegang sudah diperhitungkan hanya untuk DP dan Biaya2 Administrasi dan Notaris. yang mau saya tanyaka, apakah masih bisa membatalkan proses KPR saya yg sedang berjalan dan belum di ACC? kalau bisa, bagaimana Prosesnya dan bagaimana dengan berkas saya yang dipegang oleh petugas Bank? Mohon informasinya…. Terima kasih

  40. 76 Rowan
    April 26, 2016 at 9:31 am

    Klo dalam proses akad, setelah tanda tangan sama pihak bank ada lagi layanan asuransi, apa ikut asuransi itu termasuk wajib?

  41. June 25, 2016 at 10:13 am

    Terima kasih artikelnya, tgl 28 Juni 2016. Saya baru mau akad. Kekurangan yang Harus dilunasi :
    1. DP Uang Muka
    2. Biaya Admin Bank
    3. Biaya Notaris

    KPR baru selesai dibangun +/- Bulan Oktober 2016. Minta sarannya apakah ketika ada minus diRumah KPRnya saya bisa Komplen.
    Jika bisa, tolong dijabarkan.

    Duteindo.com


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Didukung Oleh

Herbal Cikarang Pengolahan Data Busana Muslim Undangan Souvenir Cikarang

Man Behind this blog

Ganteng euy

Blogger Cikarang

Blogger Cikarang

Statistic Pengunjung

  • 143,273 hits

Trafik Pengunjung

Popularity

My Popularity (by popuri.us)

RSS VOA Islam News

My Messenger


%d bloggers like this: