15
Jul
09

Dilarang Tidur di Masjid

Himbauan sekedar himbauan

Himbauan sekedar himbauan

Siang hari selepas jam 11 siang biasa kantuk mulai menyerang, dan biasa orang memanfaatkan jam istirahat 12-13 siang untuk beristirahat sekalian makan. Menariknya, bagi yang ingin menghilangkan rasa kantuknya dengan tidur, menjadikan mushola ataupun masjid sebagai sasaran tempat tidur.

Kontradiksi lantai bawah dengan lantai atas

Kontradiksi lantai bawah dengan lantai atas

Memang, rasa lelah, rasa kantuk adalah tuntutan dari badan untuk beristirahat. Sayangnya ketika kita bekerja (mengabdi di tempat orang), tidak disediakan tempat untuk beristirahat/tidur. Ya maklum, tujuannya khan bekerja, bukan untuk tidur🙂. Jadinya tempat umum semisal mushola dan masjid jadi sasaran. Hanya saja, sering kelihatan yang tidur siang di masjid kok orang-orang itu saja, Sepertinya sudah menjadi kebiasaan tidur siang di masjid😦 .

Takmir masjid hanya bisa menghimbau lewat tulisan yang ditembel di tembok masjid/mushola, dengan harapan untuk mengantisipasi seandainya kalau yang tidur itu ‘ngeces’ khan jadi tidak suci tempat tidurnya, terus siapa yang mau membersihkan? Kemudian, apabila dipakai untuk tidur, bagi orang yang ingin sholat ruang menjadi berkurang, karena dipakai untuk orang tidur. Agak pelik memang jika aturan dibuat di fasilitas umum/ibadat, hanya saja kesadaran dari masing-masing orang yang diharapkan. Kalau sekali-kali karena memang benar-benar capek, tidak mengapa ketahuan tidur, lha ini tiap hari…ck ck ck. Ya kalau tidur siang tersebut malamnya buat bangun tengah malam? dirasa sih juga tidak, malam tetap tidur sampai pagi, lewat subuh malahan…🙂.

“Kontradiksi yang menggelikan, lantai satu orang mendengarkan ceramah, sementara lantai dua, dengan santainya orang tidur, walau tidak menutup kemungkinan di lantai satu kepinggir mepet-mepet tembok juga pada tidur”


7 Responses to “Dilarang Tidur di Masjid”


  1. 1 abdurrohmaan
    August 18, 2009 at 2:46 am

    😛, pak, klo gak salah tidur siang itu sehat. Cukup dengan 1/2 jam saja, bisa mengembalikan kesegaran, kelelahan, dan konsentrasi bekerja. Namun hal ini sering dilewatkan banyak orang, padahal kesempatan itu mungkin masih ada. Klo gak salah sih, baiknya sebelum dhuhur, bangun langsung sholat.

    Hehe.., jadi kepikiran sebagai alternatif pengganti tidur dirumah sebelum pergi ngantor.

    Btw, klo dilihat dari gambar mesjidnya, kayaknya itu mesjid yg cukup ideal untuk beristirahat, besar dan berlantai 3. Pengajian di lt dasar, istirahat bisa di lantai atas.😛.

    Ndro

    • 2 febriharsanto
      August 18, 2009 at 3:09 am

      benar sekali Pak, istirahat siang memang menyegarkan, tp kenapa tempat sholat jadi sasaran?
      baik lantai atas ataupun bawah, sama saja selalu ada yg sholat baik di awal, maupun datang belakangan, dan sering bingung harus mencari tempat yang sela untuk sujud, biar tidak dekat dengan yang tidur, maklum yang tidur kebanyakan renggang agak jauh. Ya minimal tidak tiap hari tidur siang kalau bisa, atau tidur di tempat duduk saja..:)

      • 3 abdurrohmaan
        August 18, 2009 at 6:07 am

        Bro, sholat nya kan di lt bawah, masih banyak yang kosong tuh😛. Kiri dan kanannya mustami’ pengajian. Makanya sholat berjamaah jangan terlambat😀.
        Btw, tidur itu juga ibadah.. dan pada dasarnya tidak dilarang tidur masjid, apalagi sekedar melepas lelah sejenak.
        Masalahnya hadits larangan tidur dimesjid yg ditempel itu bukan riwayat imam hadits, tapi riwayat DKM.😛.

  2. May 2, 2011 at 9:57 am

    maaf…. boleh tidur di masjid spt sahabat ahlus suffah ,namun kalau hanya datang kemasjid hanya utk tidur ini yg masalah , begitu ada adzan eh malah keluar masjid…ngloyor pergi…? Kalau dilihat di foto cara tidurnya pun asal khan ada adab-adabnya makanya ngaji bagaimana cara tidur di masjid contoh yg salah kaki menghadap kiblat, tanpa alas yg lain selain karpet, sebenarnya harus ada alas yg lain sehingga kalau ngeces tdk langsung ke karpet…itulah pentingnya ilmu. Oke bro

  3. 5 Onie Cip
    July 14, 2011 at 10:32 pm

    Ass. Apa hukumnya seorang wanita tidur dimasjid baik wanita yang sidah menikah atau gadis, misalnya dia dalam keadaan terpaksa……????????

    • 6 febriharsanto
      July 19, 2011 at 7:09 am

      waalaikum salam Bu. Tidak mengapa tidur di masjid, asal bisa menjaga kesucian Masjid (tempat sujud), dan terpisah dari ruangan laki, supaya tidak menimbulkan ‘hal-hal yg tidak diinginkan’. Apalagi dalam keadaan terpaksa ‘darurat’ segala cara diperbolehkan.

  4. 7 Kukin
    August 18, 2011 at 6:11 am

    Tidur di masjid ga pa2 kale.. Apalagi bulan puasa gene.. Semilir adem gitu..
    Asal tidurnya di teras..bukan inti ruangan utk salat. Aku suka sekali..itung2 nungguin ashar tiba bo’..


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Didukung Oleh

Herbal Cikarang Pengolahan Data Busana Muslim Undangan Souvenir Cikarang

Man Behind this blog

Ganteng euy

Blogger Cikarang

Blogger Cikarang

Statistic Pengunjung

  • 143,273 hits

Trafik Pengunjung

Popularity

My Popularity (by popuri.us)

RSS VOA Islam News

My Messenger


%d bloggers like this: