18
Oct
09

Go green ala kami (warga GCC)

 

Mangga di tepi jalan

Mangga di tepi jalan

 

Sungguh indah sekali seandainya di sekitar perumahan banyak tumbuh pohon besar (selain bunga), dimana saat ini dirasa kurang sekali, kecuali dijumpai hanya di sepanjang jalan protokol menuju kawasan perumahan. Mungkin bisa dimaklumi karena keterbatasan lahan sehingga lahan yang tersedia untuk tanaman tersebut tinggal sedikit disamping kemauan penanamnya tentunya.

Walaupun mungkin penerjemahan kami terhadap go-green sendiri kurang jika menilik dengan sederhana konsepnya: daur ulang, perpanjangan sumber energi, dokumentasi digital, dan tinggal dirumah, akan tetapi tidak mengurangi keinginan kami untuk banyak menanam sebagaimana pesan SBY seorang sepohon setaman sehutan yang sering terlihat baliho besar di pinggir jalan. Entah benar tidaknya dalam pelaksanaan dan entah siapa yang memulai sehingga banyak warga akhirnya menanami bahu/pinggir jalan dengan bunga ataupun mangga. Kesan sempit bahkan mungkin kumuh terlihat tidak menghalangi warga yang lain untuk ikutan menanam, terbukti semakin hari terlihat semakin banyak tanaman di pinggir jalan.

Kebetulan kemarin jumat disediakan chat online ideaonline.co.id dengan Mbak Lestari pengasuh topik lanskap, saya mencoba menanyakan kejelasan dengan sikap seperti ini, kutipan chat dibawah berikut:

14:44:19 ‹febri› Mbak Lestari, sebenarnya menanam tanaman di antara jalan/aspal dengan selokan di komplek perumahan itu setahu Mbak boleh tidak?
14:51:03 ‹lestarilanskap›  daerah itu disebut daerah milik jalan. biasanya milik pemerintah utkpengelolaannya
16/10/2009 14:51:29 * didieku quit (timeout)
16/10/2009 14:51:31 ‹lestarilanskap› apabila hendak ditata secara pribadi sebaiknya melapor ke RT/RW setempat

Nah, dari kutipan diatas dirasa kurang pas sebenarnya menanami pinggir jalan tersebut, apalagi kelas jalan dengan lebar 5-6 meter. Tapi apa mau dikata, kebijakan dari pengembang belum ada ditambah keinginan penghuni menanami sedemikian tinggi sehingga ‘ya biarlah’ semoga saja memperoleh kebaikan dengan apa yang ditanam, tetapi perlu diingat bahwa penambahan bangunan sampai lewat selokan adalah dilarang (bisa dilihat di lembar peraturan ketika akad kredit). Jika melihat seperti ini, jelas aspek parkir mobil di jalan tidak ada atau kalau nekad ya resiko kendaraan lain sulit lewat, dan semoga sesama penghuni bisa paham dan mengerti. Sebagai tambahan, tren untuk taman sekarang dengan memanfaatkan dinding dan atap sebagai media tanam, dengan teknik tersendiri dalam pemanfaatan dinding dan atap/dak tentunya hampir kelihatan hijau semua nantinya, itupun jika ada biayanya🙂 .


1 Response to “Go green ala kami (warga GCC)”


  1. 1 warga baru
    October 19, 2009 at 8:06 am

    Mas Febri, sebenarnya dilematis untuk rumah dengan lebar tanah 90m kebawah. Bahkan untuk real estate sekelas “Lippo” pun untuk tipe kecil tidak memungkinkan parkir di bahu jalan karena sempit, lebar jalan <6m. Memang disarankan untuk penghuni tipe kecil tidak memiliki mobil, atau pun kalo bisa parkir di fasos bila tersedia. Untuk penghijauan, sebenarnya bagus dilakukan mengingat tidak mungkin kalo menanam di kompleks pekarangan yg luasnya cuma <90. Alternatif lain jalan perlu dilebarkan atau developer membuat landscape penghijauan, karena udara cikarang memang panas, kalo tidak mau terpanggang.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Didukung Oleh

Herbal Cikarang Pengolahan Data Busana Muslim Undangan Souvenir Cikarang

Man Behind this blog

Ganteng euy

Blogger Cikarang

Blogger Cikarang

Statistic Pengunjung

  • 143,273 hits

Trafik Pengunjung

Popularity

My Popularity (by popuri.us)

RSS VOA Islam News

My Messenger


%d bloggers like this: