06
May
10

Beli Rumah Subsidi harus tunjukkan NPWP dan SPT

Rumah subsidi

Jika merunut pada berita di Harian Jawapos tgl 5 Mei 2010, bahwa pemerintah akan mengetatkan aturan pembelian rumah bagi masyarakat menengah ke bawah. Salah satunya wajib menunjukkan NPWP dan SPT Tahunan. Jelas sekali dengan hal seperti ini untuk meminimalisir penyimpangan dalam pembelian rumah bersubsidi, akibatnya proses membeli rumah bersubsidi malah memberatkan kalangan menengah kebawah.

Sebagaimana saya alami dan lihat sendiri, bahwa pembelian rumah bersubsidi banyak salah sasaran. Seharusnya buat menengah bawah, tetapi banyak dibeli oleh menengah ke atas baik untuk didiami sendiri/investasi dan dikontrakkan. Hal seperti ini terjadi karena lemahnya kontrol sistem pembelian rumah bersubsidi tersebut. Baik karena niat ‘pelaku’ mumpung ada uang beli rumah murah, ditunjang keinginan sales/pengembang agar produk segera terjual dan dapat dana dari pemerintah.

Usaha pemerintah di atas bagus juga, akan tetapi proses mengurus pembelian rumah subsidi jadi ribet. Mengurus NPWP dan SPT dulu, terjadi banyak ‘keengganan’ (ngapain gaji kecil buat NPWP?) karena jelas sasaran rumah subsidi adalah golongan menengah bawah (“maaf, bukan golongan atas tapi daya beli golongan bawah”). Seharusnya ada subsidi tersendiri juga dari pemerintah dalam hal pengadaan uang muka dalam pembelian rumah bersubsidi tersebut, mengingat sebelum akad kredit harus melunasi uang muka dulu. Minimal membantu debitur supaya dapat diikat oleh bank dengan sudah adanya uang muka tersebut.

Advertisements

11 Responses to “Beli Rumah Subsidi harus tunjukkan NPWP dan SPT”


  1. 1 young
    May 7, 2010 at 11:12 pm

    berarti tanpa npwp ga bisa ambil subsidi ya pak?pdhl udh ngurus berkas2 neh.niatnya mau ambil di GCC 🙂

  2. 3 Andi
    May 10, 2010 at 6:28 am

    Siang mas,
    pake SPT juga ya?wadduh…harus cari-cari dulu nih…
    btwy..recomended tidak ya mas,ambil di GCC?Please advise…
    maklumlah..saya buruh di wilayah EJIP dengan gaji pas2-an..dan ini kali pertama saya hendak mengajukan KPR…biar tidak salah pilih…
    mohon sarannya..
    kebetulan saya kemarin minggu (09-05-2010) dah survei ke GCC,tp msh ragu dengan kualitas WTP dan Listriknya…
    terima kasih atas saran dan masukannya..
    salam….

    • 4 febriharsanto
      May 10, 2010 at 6:46 am

      kalau menurut jawaban saya pribadi recomended.
      kalau SPT minta sama kantor saja, khan ada tuh bukti bayarnya, cuma melengkapi administrasi saja.. 🙂
      banyak kok tetangga yang kerja di wilayah EJIP, MM2100 juga. Kualitas WTP agak disayangkan menurun dan beroperasi 3 kali sehari, tidak sejernih di awal pengoperasian dimungkinkan karena masih dalam pengembangan perumahan ditambah warga minta turun harga airnya, kalau jadi ambil saran jangan jauh dari WTP. Listrik bagus dengan menggunakan meteran Pra Bayar token.

  3. 5 young
    May 10, 2010 at 7:21 am

    udah terlanjur ambil yang agak jauh dr wtp… apa parah banget aliran airnya??wah jadi ragu…neh 😦 kalo saya di jbbeka aja pak.

    • 6 febriharsanto
      May 10, 2010 at 7:32 am

      aliran air kalau di tempat saya, kalau tidak saya kurangi jadi separo krannya di meteran, bisa cepat rusak kran belakang/kamar mandi. Tekanan di tempat saya besar.
      Nah, saya hanya dengar-dengar saja, dulu sebelum diberlakukan mbayar air, blok yang jauh dr WTP (D,E) airnya kecil sekali. Kurang tahu kalau sekarang.
      ya silakan saja Mas kalau jadi ambil di Jababeka 🙂

  4. 7 young
    May 10, 2010 at 8:45 am

    Mksud saya,kerjan saya di jabbeka pak.
    Ya mudah2an nanti lancar kalo udah saya tempatin.. Hehehe:-D
    Kalo blh tau pak Febri tinggal di blok apa?

    • 8 febriharsanto
      May 10, 2010 at 8:59 am

      oo..kirain ambil di jababeka, sampai kelupaan nulis di comment sebelumnya ‘asal bukan graha asri dan sekitarnya’.
      amin, semoga lancar. Saya di Blok G9 No.15 Mas, silakan mampir di gubug saya yang ala kadarnya kalau kebetulan lewat 🙂

  5. 9 young
    May 10, 2010 at 9:54 am

    Wah-wah terimakasih pak..
    kalo ada waktu saya main2 ktmpt bpk..
    🙂

  6. June 15, 2010 at 1:34 pm

    Cari Rumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual, apartment disewa, ruko djual disewa, tanah dijual. Iklan properti di Indonesia. http://www.rumah123.com

  7. 11 tengah
    July 30, 2013 at 4:12 am

    lha kok aneh …
    beli rumah subsidi harus pake npwp ….

    sudah gaji kecil, perusahaan ndak mau kasih ijin untuk membuat npwp ….
    sebenarnya itu rumah subsidi untuk siapa ???????

    sama kantor pajak dijawab …. ya itu permasalahan anda dengan perusahaan, harusnya perusahaan kasih ijin dong ….
    mannnnntttttaaapppppp ………

    ktp sudah online dan ada fotonya ….
    teknologi sudah canggih katanya …..

    bayar pajak untuk dikorupsi … enak banget yaaa
    yang kena imbas paling terasa ya golongan saya ini ….


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Didukung Oleh

Herbal Cikarang Pengolahan Data Busana Muslim Undangan Souvenir Cikarang

Man Behind this blog

Ganteng euy

Blogger Cikarang

Blogger Cikarang

Statistic Pengunjung

  • 163,462 hits

Trafik Pengunjung

Popularity

My Popularity (by popuri.us)

RSS VOA Islam News

  • Gelar Seminar Lecehkan Alquran, Rektor UIN Sumut Diminta Mundur
    Pengurus Besar Al Jam?iyatul Washliyah meminta Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin meninjau kembali posisi Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Sumatera Utara dari jabatannya. [...]
  • Kokam dan Banser Akan Apel Akbar Bersama di Yogyakarta
    Untuk menjaga persatuan dan kesatuan NKRI, Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Nahdlatul Ulama (NU) dan Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda (Kokam) Muhammadiyah akan menggelar Apel Kebangsaan Kebangsaan Pemuda Muslim Indonesia. Kegiatan akan dilaksanakan pada Sabtu (16/12) di Pelataran Candi Prambanan, Yogyakarta. [...]
  • Mahasiswa dan Pemuda Solo Kecam Trump
    Kecaman terhadap Presiden Amerika Serikat Donald Trump kembali terdengar di Kota Solo, Jawa Tengah. Puluhan mahasiswa yang mengatasnamakan Aliansi Mahasiswa dan Pemuda Peduli Palestina (AMPPP) menggelar unjukrasa di bundaran Gladak Solo, Selasa (12/12/2017). [...]
  • Indonesia Perlu Dorong Sidang Majelis Umum PBB untuk Bela Palestina
    Anggota Komisi I DPR RI Hanafi Rais menyarankan Presiden Joko Widodo mendesak digelarnya sidang darurat Majelis Umum PBB untuk menekan Amerika Serikat, terkait tindakan Presiden AS Donald memindahkan Kedubesnya dari Tel Aviv ke Al-Quds (Jerussalem). [...]
  • Hanafi Rais: Pemerintah Seharusnya Serukan Boikot Produk AS
    Anggota Komisi I DPR RI Hanafi Rais berharap Pemerintah tidak sekedar mengecam Presiden AS Donald Trump, terkait pemindahan Kedubes AS dari Tel Aviv ke Al-Quds (Jerussalem). Akan tetapi, Pemerintah diminta melakukan langkah-langkah lebih kongkrit menekan AS. Sebagaimana, Presiden Joko Widodo (Jokowi) pernah menyerukan boikot produk Israel dalam Konferensi As […]
  • Peti Mati Donald Trump Diarak Pakai Becak
    Presiden Amerika Serikat Donald Trump dihadiahi peti mati. Hadiah tersebut merupakan simbol protes atas pengakuan sepihak terkait Yerusalem menjadi ibukota Israel. [...]
  • Innalillahi, AM Fatwa Berpulang
    Anggota DPD RI AM Fatwa meninggal dunia. Staf ahli AM Fatwa, Mohammad Latief mengabarkan kabar duka tersebut. [...]
  • My Teacher is My Hero (Bagian 2-Selesai)
    Guru merupakan aspek besar dalam penyebaran ilmu, apalagi jika yang disebarkan adalah ilmu agama yang mulia ini. Para pewaris nabi begitu julukan mereka [...]
  • Keong Sawah Pengganti Daging Sapi, Inikah Solusi?
    Keong sawah jadi pilihan Mentan karena dianggap memiliki protein yang sama dengan sapi. Haruskah ada menu semur keong, rendang keong, dan lain sebagainya? [...]
  • Palang Merah Internasional: Kehidupan 'Terhenti' di Rakhine Myanmar
    Komite Internasional Palang Merah mengatakan bahwa kehidupan telah "terhenti" di negara bagian Rakhine karena ketakutan akan kekerasan, hampir empat bulan setelah sebuah gelombang baru tindakan keras oleh pemerintah meletus terhadap Muslim Rohingya yang dianiaya [...]

My Messenger


%d bloggers like this: