06
May
10

Beli Rumah Subsidi harus tunjukkan NPWP dan SPT

Rumah subsidi

Jika merunut pada berita di Harian Jawapos tgl 5 Mei 2010, bahwa pemerintah akan mengetatkan aturan pembelian rumah bagi masyarakat menengah ke bawah. Salah satunya wajib menunjukkan NPWP dan SPT Tahunan. Jelas sekali dengan hal seperti ini untuk meminimalisir penyimpangan dalam pembelian rumah bersubsidi, akibatnya proses membeli rumah bersubsidi malah memberatkan kalangan menengah kebawah.

Sebagaimana saya alami dan lihat sendiri, bahwa pembelian rumah bersubsidi banyak salah sasaran. Seharusnya buat menengah bawah, tetapi banyak dibeli oleh menengah ke atas baik untuk didiami sendiri/investasi dan dikontrakkan. Hal seperti ini terjadi karena lemahnya kontrol sistem pembelian rumah bersubsidi tersebut. Baik karena niat ‘pelaku’ mumpung ada uang beli rumah murah, ditunjang keinginan sales/pengembang agar produk segera terjual dan dapat dana dari pemerintah.

Usaha pemerintah di atas bagus juga, akan tetapi proses mengurus pembelian rumah subsidi jadi ribet. Mengurus NPWP dan SPT dulu, terjadi banyak ‘keengganan’ (ngapain gaji kecil buat NPWP?) karena jelas sasaran rumah subsidi adalah golongan menengah bawah (“maaf, bukan golongan atas tapi daya beli golongan bawah”). Seharusnya ada subsidi tersendiri juga dari pemerintah dalam hal pengadaan uang muka dalam pembelian rumah bersubsidi tersebut, mengingat sebelum akad kredit harus melunasi uang muka dulu. Minimal membantu debitur supaya dapat diikat oleh bank dengan sudah adanya uang muka tersebut.


11 Responses to “Beli Rumah Subsidi harus tunjukkan NPWP dan SPT”


  1. 1 young
    May 7, 2010 at 11:12 pm

    berarti tanpa npwp ga bisa ambil subsidi ya pak?pdhl udh ngurus berkas2 neh.niatnya mau ambil di GCC๐Ÿ™‚

  2. 3 Andi
    May 10, 2010 at 6:28 am

    Siang mas,
    pake SPT juga ya?wadduh…harus cari-cari dulu nih…
    btwy..recomended tidak ya mas,ambil di GCC?Please advise…
    maklumlah..saya buruh di wilayah EJIP dengan gaji pas2-an..dan ini kali pertama saya hendak mengajukan KPR…biar tidak salah pilih…
    mohon sarannya..
    kebetulan saya kemarin minggu (09-05-2010) dah survei ke GCC,tp msh ragu dengan kualitas WTP dan Listriknya…
    terima kasih atas saran dan masukannya..
    salam….

    • 4 febriharsanto
      May 10, 2010 at 6:46 am

      kalau menurut jawaban saya pribadi recomended.
      kalau SPT minta sama kantor saja, khan ada tuh bukti bayarnya, cuma melengkapi administrasi saja..๐Ÿ™‚
      banyak kok tetangga yang kerja di wilayah EJIP, MM2100 juga. Kualitas WTP agak disayangkan menurun dan beroperasi 3 kali sehari, tidak sejernih di awal pengoperasian dimungkinkan karena masih dalam pengembangan perumahan ditambah warga minta turun harga airnya, kalau jadi ambil saran jangan jauh dari WTP. Listrik bagus dengan menggunakan meteran Pra Bayar token.

  3. 5 young
    May 10, 2010 at 7:21 am

    udah terlanjur ambil yang agak jauh dr wtp… apa parah banget aliran airnya??wah jadi ragu…neh ๐Ÿ˜ฆ kalo saya di jbbeka aja pak.

    • 6 febriharsanto
      May 10, 2010 at 7:32 am

      aliran air kalau di tempat saya, kalau tidak saya kurangi jadi separo krannya di meteran, bisa cepat rusak kran belakang/kamar mandi. Tekanan di tempat saya besar.
      Nah, saya hanya dengar-dengar saja, dulu sebelum diberlakukan mbayar air, blok yang jauh dr WTP (D,E) airnya kecil sekali. Kurang tahu kalau sekarang.
      ya silakan saja Mas kalau jadi ambil di Jababeka๐Ÿ™‚

  4. 7 young
    May 10, 2010 at 8:45 am

    Mksud saya,kerjan saya di jabbeka pak.
    Ya mudah2an nanti lancar kalo udah saya tempatin.. Hehehe:-D
    Kalo blh tau pak Febri tinggal di blok apa?

    • 8 febriharsanto
      May 10, 2010 at 8:59 am

      oo..kirain ambil di jababeka, sampai kelupaan nulis di comment sebelumnya ‘asal bukan graha asri dan sekitarnya’.
      amin, semoga lancar. Saya di Blok G9 No.15 Mas, silakan mampir di gubug saya yang ala kadarnya kalau kebetulan lewat๐Ÿ™‚

  5. 9 young
    May 10, 2010 at 9:54 am

    Wah-wah terimakasih pak..
    kalo ada waktu saya main2 ktmpt bpk..๐Ÿ™‚

  6. June 15, 2010 at 1:34 pm

    Cari Rumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual, apartment disewa, ruko djual disewa, tanah dijual. Iklan properti di Indonesia. http://www.rumah123.com

  7. 11 tengah
    July 30, 2013 at 4:12 am

    lha kok aneh …
    beli rumah subsidi harus pake npwp ….

    sudah gaji kecil, perusahaan ndak mau kasih ijin untuk membuat npwp ….
    sebenarnya itu rumah subsidi untuk siapa ???????

    sama kantor pajak dijawab …. ya itu permasalahan anda dengan perusahaan, harusnya perusahaan kasih ijin dong ….
    mannnnntttttaaapppppp ………

    ktp sudah online dan ada fotonya ….
    teknologi sudah canggih katanya …..

    bayar pajak untuk dikorupsi … enak banget yaaa
    yang kena imbas paling terasa ya golongan saya ini ….


Leave a Reply

Didukung Oleh

Herbal Cikarang Pengolahan Data Busana Muslim Undangan Souvenir Cikarang

Man Behind this blog

Ganteng euy

Blogger Cikarang

Blogger Cikarang

Statistic Pengunjung

  • 143,273 hits

Trafik Pengunjung

Popularity

My Popularity (by popuri.us)

RSS VOA Islam News

My Messenger


