23
Jun
10

Selokan milik umum, bukan milik pribadi

Pemanfaatan 'terlalu' lahan

Ketika rumah diterima oleh pemilik/pembeli pertama di perumahan dalam kondisi standar, khususnya depan masih ada tanah sisa sampai pinggir selokan. Awal-awal bisa dimaklumi masih teratur, jalanan masih lebar dan bebas. Alih-alih selokan yang berfungsi sebagai sanitasi air, malah berubah fungsi dengan pemanfaatan lahan diatasnya.

Pintu 'terlalu' Pagar garasi

Barangkali ketika membeli rumah sudah terbayang/belum terbayang jika mempunyai mobil ataupun penambahan kamar akan memanfaatkan lahan yang ada. Syukur jika orangnya mampu dan ngerti dengan membangun ke atas (dak). Tetapi tidak semua orang berpikir begitu, entah tidak mau repot ataupun terbatasnya dana, akhirnya lahan depan yang layaknya sebagai halaman dialihfungsikan sebagai kamar/warung/garasi. Tidak salah memang, karena kepunyaan sendiri.

Perlu diketahui, ada peraturan tertulis (kalau mengerti) bahwa batas luas tanah (depan) sampai pada garis sempadan selokan, bukan tepi jalan. Kalau orang tidak mau tahu urusan orang lain pasti akan membangun sampai menutupi selokan dengan dibangun di atasnya (termasuk pintu garasi). Walhasil satu orang lolos berperilaku seperti itu akan menulari orang yang lain. Namanya contoh buruk lebih mudah diserap dibanding contoh yang baik🙂 . Coba deh, lain kali kalau beli mobil, dipikirkan dulu parkirnya dimana, atau dibuatin garasi dulu. Jangan sampai selokan diembat juga, apalagi sampai parkir dijalan dengan memberi portal jalan sebagai pindahan pintu garasi.


0 Responses to “Selokan milik umum, bukan milik pribadi”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Didukung Oleh

Herbal Cikarang Pengolahan Data Busana Muslim Undangan Souvenir Cikarang

Man Behind this blog

Ganteng euy

Blogger Cikarang

Blogger Cikarang

Statistic Pengunjung

  • 143,273 hits

Trafik Pengunjung

Popularity

My Popularity (by popuri.us)

RSS VOA Islam News

My Messenger


%d bloggers like this: