Meretas Masa Pensiun

Save Deposit

Save Deposit

Masa depan (esok) masih merupakan misteri bagi setiap orang, tentunya memerlukan persiapan semuanya. Tidak lupa dalam hal ini persiapan financial, jadi sudah atau masih adakah sumber pendapatan dikala kita pensiun? Mungkin masih sedikit orang yang berpikiran hal tersebut dalam masa produktif sekarang, sebagian mungkin berpikiran “ya dipikirkan ntar saja, sekarang ya sekarang, Kumaha Ngke Wae”.

Kalau saya masih dalam taraf mencoba merealisasikan pemikiran yang pertama yakni mempersiapkan pendanaan dimasa pensiun tersebut ada. Anggap saja normalnya orang pensiun usia 55 th, nah dari jarak sekarang tentunya masih ada sisa waktu untuk mempersiapkan diri sebelum 55th, syukur jika memang ada pertanggungan dana pensiun dr tempat bekerja/negara sampai 58 th (3 tahun pertanggungan). Lha kalau gak ada? (worst case PHK)

Secara pribadi, saya mencoba menyisihkan 10-20 % ditabung secara berkala (wajib gak diambil sebelum jatuh tempo). semakin besar yg disimpan justru semakin bagus kontrol financialnya (paling gak konsumerismenya berkurang). Saya mencoba menyisipkan sebagian tersebut untuk tabungan pendidikan dan tabungan berencana (pensiun), otomatis terdapat premi asuransi di dalamnya.

Memang sebelumnya pernah ada tawaran untuk asuransi pendidikan, dari Prulink dan Axa Mandiri. Akan tetapi saya tidak tertarik untuk mengambil. Saya tidak begitu tergiur dengan hasil simulasi investasi yang ditawarkan. Kalau memang mau investasi, ya lebih baik ke reksadana (Kl mau untung besar, ya mau Resiko besar), terlepas ada tidaknya kata-kata proteksi di dalamnya. Lebih baik, jika memang Tabungan ya tabungan, asuransi ya asuransi, investasi ya investasi, gak usah link2an….🙂

Syukur jika mempunyai uang tidak hanya disimpan di tabungan/deposito (bunga kecil). Lebih baik digunakan untuk merealisasikan keberanian berusaha, katanya sih berbagai usaha itu bagus, asalkan ada pasar dan ditekuni.

Daripada tulisannya mengarah kesana kemari, jadi gak konsen dengan judul, pada intinya berupa himbauan/ajakan untuk lebih memikirkan masa pensiun.

Sudahkah anda/perusahaan/kita peduli akan masa/dana pensiun???


7 Responses to “Finance”


  1. September 11, 2009 at 7:35 am

    Salam kenal ya pak,
    Kalo dipikir2 ngeri juga ya….walaupun masa pensiun masih agak lama tapi kalo belum ada persiapan…..ntar jadinya pensiunan yang merana….banyak cara buat mempersiapkan masa pensiun kan pak selain menabung dan investasi. Saat ini saya mulai jalanin usaha sampingan yang berpotensi pasif income, mudah2an bisa ngumpulin modal buat usaha sendiri jadi bisa pensiun dini dan menjalani masa pensiun dengan nyaman. Lagi berusaha keras juga buat nabung…..
    Maaf comment kepanjangan.

  2. October 8, 2009 at 9:12 am

    salam kenal juga pak Febri ..,
    skr bisnis sampingan nya apa pak, apa bs di share .., sy bingung sampingan apa yang pas utk nutupin pensiun nanti ..

    • 3 febriharsanto
      October 8, 2009 at 1:50 pm

      Kl sekarang belum, lg nunggu selling investasi di syariah.

      • 4 mulyono
        November 10, 2010 at 9:35 am

        Pak febri

        assalamu’alaikum

        pak saya sering ditawari asuransi berbagai macam perusahaan asuransi ,

        saya jadi binggung mau milih yang mana***????

        kalo tafakul syariahh bagus ga ya?

        ikut asuransi atau nabung ???

        terima kasih

        mulyono

  3. February 27, 2010 at 12:18 pm

    hiiii thats a good bike i like it best for middlew famielyt.

  4. November 10, 2010 at 3:12 pm

    Waalaikum salam. Memang sekarang syariah lagi gencar. Saya sebelumnya juga ikut tabungan perencanaan dan tabungan pendidikan dengan 2-2 nya include asuransi kalau tdk salah takaful. Namun pada akhirnya saya ambil sebelum jatuh tempo untuk modal usaha. Maklum, ini sudah pilihan pribadi hehe. Kalau saya pribadi mending saya putar di usaha. Kecuali sudah ada lebih baru setelah untuk usaha, ikut asuransi/ditabung. Jangan terpengaruh dengan simulasi ‘link’ yang menggambarkan angka-angka setelah sekian waktu. Kembali pada Bapak pribadi akhirnya, ikut tabungan+asuransi ataukah terpisah tabungan dan asuransi.🙂

  5. 7 mulyono
    November 11, 2010 at 4:22 am

    Terima kasih
    pak febri atas sharing tentang pengalaman Asuransi.
    yang terpenting adalah menabung untuk dunia dan akhirat ya! heheh ,


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Didukung Oleh

Herbal Cikarang Pengolahan Data Busana Muslim Undangan Souvenir Cikarang

Man Behind this blog

Ganteng euy

Blogger Cikarang

Blogger Cikarang

Statistic Pengunjung

  • 143,273 hits

Trafik Pengunjung

Popularity

My Popularity (by popuri.us)

RSS VOA Islam News

My Messenger


%d bloggers like this: